Labu Kuning (waluh) kaya manfaat

Posted on Updated on

            Apa yang ada dalam pikiran kita kalau mendengar kata waluh? Pasti kepikiran kolak…hehehe. Ya,waluh memang lebih popular untuk dijadikan teman pisang,ubi dan nangka dalam membuat kolak. Waluh yang berwarna kuning keemasan ini akan memberikan warna yang menarik bagi kolak santan yang dominan warna putih. Selain itu,harganya yang murah juga menarik hati ibu-ibu yang nota bene sangat memperhatikan harga-harga barang belanjaan(ngirit).

Siapa sangka buah yang murah meriah ini,ternyata mengandung banyak  manfaat. Menurut penelitian para ahli,waluh dapat mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus (kencing manis),arterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), jantung koroner, tekanan darah tinggi, bahkan bisa pula mencegah kanker.

Pada buah waluh terdapat kandungan kimia seperti saponin, flavanoid dan tanin. Kandungan kimia pada waluh inilah yang akan berfungsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah, menjadi sumber antibakteri dan antivirus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi terjadinya penggumpalan darah. Selain itu juga dapat meningkatkan aktifitas vitamin C sebagai antioksidan,mencegah oksidasi LDL kolesterol yang dapat mengakibatkan kerusakan dinding pembuluh arteri dan menghambat penggumpalan keping-keping darah sehingga baik untuk orang yang sudah mulai terjadi penempelan kolesterol pada dinding pembuluh darah atau orang yang terkena  serangan stroke.

Waluh juga sarat gizi, memiliki kandungan serat, vitamin dan karbohidrat yang  tinggi. Selain itu,didalam waluh juga  terkandung 34 kalori, lemak 0.8 mg, 45mg kalsium, dan mineral. Sehingga labu kuning sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua, karena kandungan gizi yang terdapat didalamnya sangat  baik untuk kesehatan tubuh. Pada anak-anak dapat digunakan untuk menambah nafsu makan dan sebagai obat cacingan.

Karena begitu banyak manfaat dari waluh ini,maka sudah selayaknya waluh ini kita masukkan dalam daftar menu kita sehari-hari. Lalu dimasak apa dong? Masak dibikin kolak terus,kan bosan,hehehe. Mungkin ada beberapa orang yang akan bertanya seperti itu. Padahal sebenarnya waluh bisa digunakan sebagai bahan berbagai macam kudapan,seperti pudding,cake,bahkan ice cream. Penasaran? Oke, saya akan memberikan salah satu resep favorit keluarga saya,yang gampang buatnya,mudah didapat bahan-bahannya dan yang pasti sangat lezat. Ga percaya? Silahkan dipraktikkan,dan coba sendiri hasilnya J.

 

PUDING LABU UENAK  a la ummi Yenni J

 

Bahan :

-          500 gram waluh,kupas kemudian kukus selama 20 menit,angkat,sisihkan

-          1000 cc santan dari ½ butir kelapa

-          2 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna

-          350 gram gula pasir,atau sesuai selera

 

Cara membuat :

  1. Blender waluh dengan santan sampai halus,kemudian tuang kedalam panci
  2. Tambahkan agar-agar bubuk dan gula
  3. Masak diatas api sedang sambil terus di aduk-aduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih,matikan api,diamkan pudding 1 menit
  5. Siapkan cetakan pudding,basahi dulu dengan air,kemudian tuang pudding ke dalam cetakan. Biarkan sampai uap panasnya hilang.
  6. Jika uap panasnya sudah hilang,masukkan pudding ke dalam kulkas. Jika sudah cukup dingin,potong-potong,dan hidangkan.

Yenny Wido
-Anggota FLP Sidoarjo
 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s